Tentang PPK

Program Pendampingan Keagamaan adalah suatu upaya untuk mengadakan pendalaman, pengkajian dan pembinaan keagamaan bagi mahasiswa baru Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, sehingga diharapkan mahasiswa menyerap Islam bukan sekedar sebagai pemuas intelektual atau kajian ilmu semata akan tetapi dapat mempertebal keimanan, meningkatkan ketaqwaan dan menanamkan akhlak yang mulia sebagaimana akhlak Rasulullah SAW. Keberadaan Fakultas Saintek diharapkan mampu mencetak ilmuwan yang seimbang antara IMTAQ (keimanan dan ketaqwaan) serta IPTEK-nya. PPK ada di  fakultas Sains dan Teknologi merupakan program unggulan (sejak tahun 2005) yang ditujukan kepada mahasiswa baru di fakultas ini agar dapat menjadi lebih baik dan siap menghadapi perkembangan zaman yang mulai mengalami degradasi moral.

Metode pembelajaran (kegiatan belajar) dalam PPK menggunakan metode kelompok kecil (halaqoh) sebagai cara untuk menyampaikan materi kepada peserta untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan kurikulum, dan dilaksanakan secara rutin setiap hari sabtu pukul 07.00-09.00 WIB. Kelebihan metode ini dibandingkan metode klasikal, antara lain:

  • Ada interaksi yang dinamis antara peserta dengan peserta dan peserta dengan Mahasiswa Pendamping (MP)
  • Materi yang disampaikan sifatnya berseri dan berkesinambungan (saling berhubungan antara 1 dengan lainnya)
  • Berfungsi sebagai sarana pembentuk kepribadian yang Islami sebab penekanan metode halaqoh tidak hanya didasarkan pada knowledge tetapi lebih mengarah pada nilai aplikatif dari agama islam.

Fungsi metode kelompok kecil secara umum adalah untuk mengikat, mengurai yang tersekat, membuka yang tersumbat. Selain itu terdapat beberapa metode pembelajaran dalam proses PPK yang dapat digunakan sesuai dengan karakter mahasiswa, jenis materi, lingkungan dan faktor lainnya antara lain: ceramah, tanya jawab, diskusi demonstrasi, simulasi, penugasan, sosiodrama, suplementasi lain (outbond, ESQ dan seminar).

Pada proses kegiatannya, PPK menggunakan kurikulum berbasis kompetensi yang merupakan seperangkat rencana dan aturan mengenai isi dan bahan bidang studi serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan PPK yang berkaitan dengan waktu dan mengacu pada kompetensi. PPK ini adalah mata kuliah wajib yang diberikan di semester 1 sebanyak 0 sks dan di semester 2 sebanyak 1 sks.

Semester 1 materi tentang keislaman, sedangkan untuk semester 2 materi full tahsinul Qur’an.  Diharapkan selesai PPK mahasiswa dapat membaca Al-quran dengan baik dan benar. Semester tahsinul Qur’an ini sudah berlangsung selama 3 angkatan, dimulai dari angkatan 2012/2013.

PPK  merupakan salah satu syarat wajib untuk mengikuti munaqosah (tugas akhir/skripsi) dengan nilai minimal B.

Di akhir tahun, selalu diadakan follow up PPK, yang merupakan tindak lanjut dari kegiatan PPK. Namun sifatnya tidak wajib dan tidak memaksa, hanya diperuntukkan bagi mahasiswa yang bersedia melanjutkan saja. Mahasiswa Pendamping follow up biasanya diambil dari alumni MP PPK.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s