ESQ PPK Saintek 2016

Pada hari Sabtu, 23 April 2016 lalu diadakan acara ESQ oleh Panitian PPK. Ada satu hal yang mungkin cukup berkesan bagi penulis yaitu ketika ada beberapa peserta PPK yang dipanggil ke depan, beberapa peserta yang dipanggil tersebut satu per satu disuruh untuk menyebutkan impian mereka. Maka kemudian mereka pun menyebutkan target hidup mereka untuk beberapa tahun ke depan.

Hal ini mengingatkan penulis tentang tugas yang dulu pernah juga diberikan kepada para peserta PPK yaitu mereka ditugaskan untuk menuliskan seratus impian target hidup mereka. Setiap orang mempunyai target hidup yang beraneka rupa, setiap orang mempunyai impian yang berbeda. Lalu apa yang akan kita lakukan terhadap target dan impian yang telah kita tuliskan di kertas tugas tersebut?

Sebagai seorang muslim yang bermental pemenang akan memperjuangkannya. Jika kita adalah sang Muslim pemenang tersebut maka jangan biarkan keinginan kita menguap tanpa adanya tindakan. Sikap tanpa tindakan ini adalah sikap negatif yang dapat melemahkan kehendak serta menimbulkan kegagalan, bahkan memancing frustasi. Jika kita menekadkan sesuatu, maka hendaklah sesuatu itu dilaksanakan atau diusahakan semaksimal mungkin agar dapat terwujud.

Kita yang telah menuliskan target hidup kita hendaklah segera merebut peluang. Peluang adalah sesuatu yang sangat berharga, yang tidak bisa digantikan oleh apa pun jika sudah hilang. Dapat merebut peluang merupakan bukti kemantapan, serta tanda kecerdasan, dan keseriusan.

Maka dari itu manfaatkan waktu kita untuk mencapai tujuan. Waktu adalah modal utama seseorang, bahkan detik-detik umurnya adalah harta yang paling berharga yang harus dijaga. Waktu hidup manusia terbatas, sedangkan siang dan malam datang silih berganti secara teratus, tidak ada yang melewati batas ketentuannya. Jika kita memang berhasrat hendak memperoleh kemuliaan tertinggi dan menggapai kebahagiaan, maka janganlah bersikap terlalu santai dan buatlah penghalang yang membentengi kita dari perbuatan sia-sia. Sungguh, orang yang bijak dan pintar sangat menghargai waktunya serta tidak menjadikannya sebagai wadah untuk menampung berbagai perkara buruk dan perkataan hina.

Mungkin beberapa di antara kita akan berkata, “Siapa aku? Apa yang bisa kulakukan? Sanggupkah aku seperti itu?” Maka ketahuilah, sesungguhnya kita adalah orang yang berharga. Kita bisa melakukan apa saja di dunia ini. Mereka yang telah mengisi sejarah dengan karya-karya besar mereka juga manusia biasa seperti kita. Mereka mempunyai bakat, kita pun mempunyai bakat. Badanya mereka yakin kepada diri sendiri dan mengetahui nilai bakat mereka, sedangkan kita telah menghambat mentalitas pribadi, meremehkan diri sendiri, serta rela menjadi orang yang pelupa karena telah melupakan impiannya dan dilupakan karena tidak ada hasil karya yang kita tinggalkan. Maka gali lagi target hidup yang pernah kita pendam, dan segera wujudkan!

                                                                                            Oleh :    Trigonggo, MP PPK 2015/2016

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s