Bersyukur Kunci Kesuksesan

Inilah kisahku. Aku tidak malu dengan semua kesusahanku dulu. Tapi sebaliknya, aku bangga dengan semua itu. Aku bangga dengan keluargaku. Walau dalam keterbatasan mereka. Mereka adalah motivasi dan semangat hidupku.”Tutur pemuda yang akrab disapa Rischan ini.

Dilahirkan dari seorang ibu hebat yang selalu mengajarinya untuk selalu sholat di masjid.

ris kalo rajin sholat ke masjid nanti minta apa saja akan di kasih oleh Allah,…” itu yang selalu ibuku bisikkan di dekat telingaku” Ucapnya.

Sejak kecil ia sudah rajin ke masjid, mengaji bersama gurunya. Tak heran jika kelas 3 SD sudah lancar membaca Al-Qur’an. 

Keterbatasan ekonomi tak membuatnya patah arah. Ia melanjutkan sekolahnya di MTs yang jaraknya lumayan jauh. Untuk menempuh perjalanan itu sampai harus numpang pedagang sayur di desanya. Perjuangan yang tak mudah sebagai anak desa yang memiliki keterbatasan materi, membuatnya tumbuh menjadi seseorang yang bermental baja. Seperti salah satu kejadian yang selalu jadi pembakar semangatnya, yaitu saat ia melihat ibu dan neneknya berjalan menggendong ketela dan pisang untuk dibawa ke desa sebelah, demi kelangsungan hidup mereka, karena saat itu ayahnya baru terkena PHK.

Bapaknya beralih untuk berkebun tembakau. Namun, sehabis MTs harga tembakau jatuh hutang keluarga melilit. Tapi tetap ia “bersyukur atas semua itu”. Hampir Rischan tak melanjutkan sekolahnya karena tak ada biaya. Berkat prestasinya yang dari kelas satu hingga kelas tiga masuk kelas unggulan dan nilai UAS masuk 10 besar ia dapat melanjutkan sekolah di SMA. “Di  SMA inilah perubahan jiwaku terjadi, SMA elit, isinya orang-orang kaya, sedang aku orang tak punya. tak apalah 2 tahun jadi ketua kelas, 2 tahun ranking 1 di kelas, dan jadi penggiat rohis SMA N 1 Temanggung, olimpiade biologi walau gagal sampai propinsi, sampai saat inipun hampir semua guru tahu dan hafal denganku. ini bukanlah sebuah kesombongan, apa yang bisa aku sombongkan?, banyak yang lebih bagus dari aku, apa yang aku sombongkan dari manusia yang berasal dari air hina, kemana-mana membawa kotoran dan penuh dosa,” ucapnya.

Selama SMA ia sudah hidup sendiri. Kondisi keluarga yang tidak memungkinkan menuntutnya untuk bekerja. Dan untuk meraih cita-citanya kuliah. Takdir Allah yang membawanya sampai menginjakkan kaki di Jogja, menjadi mahasiswa Teknik Informatika UIN Sunan Kalijaga.

“Segala Puji bagimu ya Rabb, yang memberikan semua nikmat ini kepadaku.”

3 tahun 4 bulan 25 hari waktu yang dihabiskan untuk menyelesaikan studinya meraih gelar S1. Nikmat yang begitu besar, Allah memberikan anugerah pada hambanya menjadikan Rischan wisudawan terbaik tercepat Fakultas sains dan teknologi UIN Sunan kalijaga Yogyakarta April 2013.

Rischan yang pandai programming dan hobi research ini, sekarang sedang sibuk melakukan penelitian di Advanced Network Lab, Chonnam National University. Ia mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan S2 di Korea Selatan. Sejak dulu, ia sering mendapatkan hibah penelitian juga beasiswa. Namun tak semudah itu pula ia langsung bisa terbang ke negeri orang. Banyak batu-batu kericil yang menjadi ujian dari-Nya. Disela-sela kesibukannya melakukan research, ia tak lupa pula akan dakwah. Saat ini ia aktif juga jadi khotib jumat di Mushola At Tin di kampus dan juga menjadi khotib untuk sholat ied di masjid Umar bin Khattab Gwangju. Ada pengalaman baru yang ia dapat tuturnya yaitu, khutbah dan mengisi pengajian dengan bahasa inggris. Disamping itu ia juga aktif mengisi tausiyah di TV Dakwah Korea Selatan (Al-Kwangju TV). Channel ini memang dibuat untuk mengajak dan mengingatkan teman-teman pekerja dan juga pelajar Indonesia yang ada di Korea Selatan.

Channel Al-Kwangju TV :http://youtube.com/alkwangjuatauhttp://tv.ourmasjid.me

Twitter yang dikelola tim media Al-Kwangju TV : @UstadzMafrur dan @AlKwangju

Facebook Page :http://facebook.com/mafrur

Sumber: rischan.wordpress.com

 “Segala Puji bagimu ya Rabb, yang memberikan semua nikmat ini kepadaku”

rischan

Rischan Mafrur

Teknik Informatika 2009

MP PPK 2011

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s